Jumat, 03 Februari 2012

Adi Parva ; Sambhava Parva

7. Sambhava Parva

Indra berunding dengan Narayana tentang rencana mereka untuk turun ke dunia, sekembalinya dari kediaman Narayana ,Indra memerintahkan para penghuni Svarga untuk turun ke dunia, para penghuni Svarga pun memulai tugas mereka lahir ke dunia sesuai dengan fungsi dan perannya masing masing demi kesejahteraan ketiga dunia, mereka terlahir dalam garis keturunan Brahmarshi dan Keluarga kerajaan untuk menghancurkan para asura. Mereka membasmi Danava, Rakshasa, Gandharva dan Naga juga mahluk lain.
Atas permintaan Janamejaya, Vaisampayana lalu menceritakan asal mula dari para Deva, Danava, Gandharva, Apsara, Manusia, Yaksha dan Rakshasa.



Asal usul …….
Brahma memliki enam putra yang berasal dari pikiran beliau yaitu Marichi,Atri, Angiras, Pulastya, Pulaha, dan Kratu. Putra Marichi adalah Kasyapa dan dari Kasyapa inilah para mahluk hidup berasal. Daksha adalah salah satu Prajapati, putra Brahma mempunyai tiga belas puteri Aditi, Diti, Danu, Kala, Danayu, Sinhika, Krodha, Pradha, Viswa, Vinata, Kapila, Muni, dan Kadru.

Putra Aditi
Dari Aditi lahir duabelas Aditya mereka adalah penguasa semesta yaitu : Dhattri ,Mitra, Aryaman , Sakra, Varuna, Ansa, Vaga, Vivaswat, Usha, Savitri, Tashtri, Vishnu. Yang termuda adalah yang paling utama dalam segala hal.

Putra Diti
Diti memiliki seorang putra bernama Hiranyakasipu yang selanjutnya memiliki lima orang putra, yang tertua adalah Prahlada, kemudian Sanghrada, Anuhrada yang keempat Siwi dan Vashkala. Prahlada memiliki tiga orang putra , yaitu Virochana, Kumbha dan Nikumbha, kemudian Virochana menurunkan Vali yang termashyur, lalu Vali mempunyai putera Asura Vana yang agung. Vana adalah pengikut Rudra yang  terberkati dikenal juga dengan nama Mahakala.

Putra Danu
Danu memiliki empat puluh (40_an ?) putra, yang tertua adalah Viprachitti yang termashyur, lalu Samvara, Namuchi, Poloman ; Asiloman,Kesi dan Durjaya , Ayassiras,  Aswasiras, Aswasanku Gaganamrdhan, Vegavat, Ketumat,; Swarbhanu, Aswa, Aswapati, Vrishaparvan,  Ajaka, Aswagriva, Sukshama,  Tuhunda , Ekapada, Ekachakra, Virupaksha, Mahodara, and Nichandra, Nikumbha, Kupata, Kapata, Sarabha, dan Sulabha, Surya, kemudian  Chandramas. Surya dan Chandra yang disebut bukanlah Deva Surya dan Chandra, mereka orang yang berbeda.
Lalu menyusul sepuluh orang putra dari Danu yang mempunyai kekuatan yang kuar biasa serta pemberani, mereka adalah Ekaksha, Amritapa , Pralamva dan Naraka, Vatrapi, Satrutapana, dan Satha, Gavishtha, dan Vanayu, Dirghajiva. Para putra dan keturunan dari Danava ini tidak terhitung jumlahnya.

Putra Sinhika
Putra Sinhika adalah Rahu yang menindas Bulan dan Matahari, tiga lainnya adalah Suchandra, Chandrahantri, and Chandrapramardana.

Putra Krodha (Krura)
Putra Krura tidak terhitung jumlahnya, mereka dengki dan jahat mereka menjadi golongan yang sangat mudah marah, punya pemikiran yang tidak pantas dan penyiksa musuh musuhnya. (dalam Purana mereka disebut Krodhavamsa )

Putra Danayu
Danayu mempunyai empat orang Putra yang terkenal sebagai Asura yang perkasa yaitu Vikshara, Vala, Vira, dan Vritra yang sangat kuat.

Putra Kala
Putra kala bagaikan Yama dalam menghukum musuh musuhnya, mereka penghancur musuh para putra Kala adalah Vinasana ,Krodha, Krodhahantri, dan Krodhasatru. Masih banyak putra Kala yang lain.

Putra Vinata
Tarkhya dan Arishtanemi, Garuda , Aruna, Aruni dan Varuni.

Putra Kadru
Sesha atau Ananta, Vasuki, Takshaka, Kumara, and Kulika ( para Naga )

Putra Muni
Bhimasena, Ugrasena, Suparna, Varuna, Gopati,dandDhritarashtra,Suryavarchas , Satyavachas, Arkaparna, Prayuta, Bhima,dan Chitraratha yang terkenal dan terpelajar yang mampu mengendalikan hasratnya,  Parjanya, Kali, dan Narada, para Deva dan Gandharva ini adalah putra dari Muni

Putra Pradha
Pradha menurunkan para Gandharva dan Apsara yaitu Anavadya Manu, Vansa, Asura, Marganapria, Anupa, Subhaga, Vasi,  Siddha,  Purna, dan Varhi ,Purnayus, Ratiguna, dan Suparna , Viswavasu, Bhanu, dan adalah para Gandharvas. Sedangkan para Apsara adalah Alamvusha, Misrakesi, Vidyutparna, Tilottama, Aruna, Rakshita, Rambha, Manorama, Kesini, Suvahu, Surata, Suraja, dan Supria  ,Ativahu ,Haha dan Huhu, serta Tumvuru.

Putra Kapila
Kapila  menurunkan para Brahmana, Gandharva dan Apsara

pada bagian berikut ini, kembali Mahabharata membahas mengenai silsilah da nasal usul dari putra Brahma yang sudah diterangkan diatas, namun pada bagian berikut dijelaskan mengenai keturunan dari putra Brahma yang lain selain dari Marichi- pen

Telah disebutkan bahwa Brahma mempunya Putra yang berasal dari kekuatan pikiran beliau yaitu ; Marichi, Angiras, Atri, Pulastya, Pulaha, and Kratu yang merupakan Maha Rishi , disamping itu beliau juga memiliki Putra bernama Sthanu dan dari Sthanu ini terlahir ? Mrigavayadha, Sarpa, Niriti, Ajaikapat, Ahivradhna, Pinaki  Dahana Iswara, Kapali ,Sthanu, dan Bharga  yang dikenal dengan sebelas Rudra.
Putra Angira ada tiga yaitu : Vrihaspati ( guru dan penasehat para Deva ) ,Utathya, dan Samvarta .
Atri memiliki banyak putra  yang semuanya adalah Rishi utama yang menguasai Veda dan disiplin / tekun dalam tapa.
Putra Pulastya yang bijak adalah : para Rakshasa, Vanara, Kinnara, (setengah manusia setengah kuda ?), dan Yaksha.
Putra Pulaha adalah : Salabha ( serangga terbang ), Singa, Kimpurusha (setengah Singa setengah manusia),Macan, beruang, dan Serigala.
Kratu memiliki Putra : Valikhilyas, para pengiring dan teman dari Surya, mereka dikenal di ketiga dunia sebagai pemegang teguh kebenaran.

Putra Brahma yang lain adalah Rishi Daksha terlahir dari jempol kaki kanan Brahma sedangkan dari jempol kaki kiri Brahma lahir pasangan Daksha, dari mereka lahir 50 orang putri yang cantik tiada cacat bermata indah bagai bunga Padma, oleh karena Daksha tidak memiliki Putra maka beliau menjadikan putri putrinya sebagai Putrika ( dimana putra mereka bisa memilih ikut pihak ibu atau pihak ayah sbg penerus keturunan ).
Daksha mengawinkan 10 Orang putrinya dengan Dharma, 27 Orang dengan Chandra ( Bulan ) dan 13 Orang dengan Kasyapa ( sudah diceritakan diatas – pen ). 10 orang istri Dharma adalah : Kirti, Lakshmi, Dhriti, Medha, Pushti, Sraddha, Kria, Buddhi, Lajja, dan Mati. Sedangkan ke 27 Istri Chandra juga disebut para Nakshattra ( konstelasi bintang ? )

Brahma juga memiliki putra yang lain bernama Manu yang berputra Prajapati, dari Prajapati menurunkan 8 Vasu mereka adalah : Dhara, Dhruva, Soma, Aha, Anila, Anala, Pratyusha, and Prabhasa.
Dhara dan Druhva terlahir dari Dhumra ( nama ibu ? ), Chandrama ( Soma ) dan Swasana ( Anila ) dari Swasa, Aha berasal dari Rata ,Hutasana (Anala) dari Sandilya ,sedangkan Pratyusha dan Prabhasa dari Prabhata.
Dhara memiliki putra Dravina dan Huta havyavaha, Druhva mempunyai putra Kala sang penghancur dunia.
Soma memiliki putra Varcha, sedangkan Varcha dengan istrinya Manohara mempunyai 3 orang anak Sisira, and Ramana ( yang ketiga tidak disebutkan-pen ). Aha memiliki putra Jyoti, Sama, Santa, dan juga  Muni.
Putra dari Anala adalah Kartikeya , disebut demikian karena diasuh oleh para Krittika sedangkan saudaranya yang lain adalah Sakha, Visakha,dan Naigameya.  Anila beristri Siva dan putra mereka adalah Manojava dan Avijnat-agati.
Putra dari Prayustha adalah Rishi Devala yang terkenal sang Rishi mempunyai dua orang putra yang dikenal pemaaf dan memiliki kekuatan pikiran yang Dahsyat ( nama keduanya tidak disebutkan-pen ) , sedangkan saudara perempuan Vrihaspati yang terkenal menjadi istri dari Prabhasa , beliau melahirkan Visvakarman penguasa Seni dan arsitek agung. Viswakarman adalah seniman pertama dan yang menciptakan banyak benda baik bagi para penghuni Svarga dan juga mahluk bumi, belia juga perancang kendaraan para Deva dan yang lain yang membawa kebaikan bagi semua mahluk hidup, atas karya beliau tersebut Visvakarman dipuja .

Dharma yang agung, sumber dari segala kebahagiaan  keluar dari dada kanan Brahma, beliau memiliki tiga orang putra yang sempurna dan memukau seluruh jagat, mereka adalah Sama Kama dan Harsha ( kedamaian, hasrat dan kemenangan ) dengan kekuatan mereka itulah mendukung dunia, istri Sama adalah Prapti, istri Kama adalah Rati, dan istri Harsha adalah Nanda

bersambung ............................................................................................................. update 24 Peb 2012


Putra Marichi adalah Kasyapa, dan putra Kasyapa adalah para Deva dan Asura, oleh karenanya Kasyapa disebut Ayah dari Dunia, Tashtri dalam wujud kuda merupakan istri dari Savitri dari mereka lahir putra kembar Aswin, putra Aditi ( dengan Kasyapa ) adalah para Aditya dengan Indra sebagai pemimpin mereka, sedangkan Vishnu adalah yang paling muda, kepada Nya dunia bergantung ( berlindung ? )
Vaisampayana kemudian menjelaskan tentang 33 Deva ( 8 Vasu, 11 Rudras, 12 Aditya, Prajapati dan Vashatkara), berdasarkan Paksha, Kula dan Gana. Para Rudra, Saddhya, Marut, Vasu Bhargava dan Viswadeva merupakan sebuah Paksha, Garuda putra Vinata dan Aruna yang perkasa, Vrihaspati yang termashyur termasuk golongan  ( dikaitkan dengan ? ) Aditya.  Aswin yang kembar ,tumbuh tumbuhan,dan binatang kecil termasuk golongan Guhyaka.
Berikutnya adalah Gana dari Deva, Bhrigu adalh putra Brahma, putra Bhrigu adalah Sukra yang terpelajar, menjadi pembimbing spiritual para Daitya dan Deva. Bhrigu mempunyai putra yang lain bernama Chyavana yang beristri Arushi putra (perempuan) Manu, dari Arushi lahir Aurva dari beliau menurunkan Richika, Richika berputra Jamadagni,dan Jamadagni memiliki empat orang Putra yang termuda adalah Rama ( Parasuram) putra bungsu Jamdagni ini mengungguli saudara saudaranya secara kualitas, beliau menguasai berbagai macam senjata dan menjadi pembasmi para Kshattriya , Aurva memiliki seratus putra dimana Jamdagni adalah yang tertua, mereka menyebar ke seluruh Penjuru Dunia.
Selanjutnya Vaisampayana menjelaskan tentang garis keturunan tumbuhan dan binatang baik hewan buas maupun burung serta tumbuhan berbuah dan umbi umbian.

Janamejaya selanjutnya mengajukan pertanyaan tentang terlahirnya para Deva dan asura diantara manunisia ( ke dunia ) yang kemudian dijelaskan oleh Vaisampayana :

Kelahiran para Asura
Danava yang bernama Viprachitti lahir sebagai raja Jarasandha, putra Diti yang dikenal bernama Hiranyakasipu lahir sebagai Sisupala  yang perkasa, Sanghlada adik dari Prahlada lahir sebagai Salya, pahlawan perkasa dari Vahlika. Anuhlada ( saudara Prahlada yang termuda ? ) lahir ke dunia sebagai Dhristhaketu , putra Diti yang lain bernama Sivi lahir ke dunia sebagai Druma, Asura Vashkala lahir ke dunia sebagai Bhagadatta yang agung . Lima Asura yang kuat dan perkasa yaitu Ayasira, Aswasira, Aysanku, Gagana-murdhan, dan Vegavat, mereka terlahir di garis keturunan Kekaya ( Lima Kekaya bersaudara ), Asura Ketumat terlahir sebgai Amitoujas, Asura Svarbhahu sebagai Raja Ugrasena . Asura yang utama lain yang bernama Aswa lahir ke dunia sebagai Raja  Asoka yang tak pernah lelah dan sulit dikalahkan dalam pertarungan, saudara muda Aswa bernama Aswapati lahir sebagai  Hardikya. Asura utama yang bernama Vrishaparvan lahir kedunia menjadi Raja Dirghaprajna.  Sedangkan adiknya bernama Ajaka lahir ke dunia menjadi Raja  Salwa.  Asura  Aswagriva lahir sebagai Raja Rochamana. dan Asura Sukshma  lahir di dunia manusia sebagai raja  Vrihadratha. Asura Tuhunda lahir menjadi Raja Senavindu.  Asura Ishupa lahir sebagai Nagnajita yang perkasa Asura Ekachakra lahir ke dunia sebagai Pritivindhya.
Asura Virupaksha yang menguasai berbagai seni pertempuran lahir ke dunia sebagai raja Chitravarman Danava Hara lahir sebagai Suvahu.  Asura Suhtra lahir ke dunia sebagai Munjakesa. Asura Nikumbha lahir sebagai Raja Devadhipa, putra Diti yang bernama Sarabha lahir menjadi Paurava. Asura  Kupatha lahir ke dunia sebagai Suparswa. Asura Kratha terlahir sebagai Parvateya sedangkan Asura Salabha lahir ke dunia menjadi Raja Prahlada di negeri Vahlika. Putra Diti Chandra ( bukan Deva Chandra ) yang tampan lahir ke dunia Chandravarman, Raja Kamvoja. Sedangkan yang perkasa dari golongan Danava yang bernama Arka lahir ke dunia sebagai Rishika. Asura Mritapa lahir sebagai Pascimanupaka. Asura Garishta lahir ke dunia sebagai Raja Drumasena. Asura Mayura terlahir sebagai  Viswa, sedangkan saudaranya Asura Mayur atau Suparna lahir sebagai Kalakirti. Asura Chandrabantri lahir ke bumi sebagai Sunaka. Asura Chandravinasana Raja Janaki. Danava yang perkasa Dhirghajihva, lahir ke dunia menjadi Kasiraja. Graha (Rahu ? ) yang terlahir dari Singhika , penelan bulan dan matahari lahir ke dunia sebagai rajaKratha. 

Putra tertua Danayu, yakni Vikshara, lahir sebagai Vasumitra. Putra kedua yaitu Vikshara, lahir sebagai raja negeri Pandya.  Asura Valina menjadi  Paundra-matsyaka.  Sedangkan Asura terkenal bernama  Vritra ( musuh Indra ) lahir sebagai Raja Manimat. Adik Vritra yaitu Krodhahantri lahir sebagai Raja Danda. Asura lain yang bernama Krodhavardhana lahir ke bumi sebagai raja Dandadhara. Delapan putra Kaleya lahir ke dunia sebagai raja kuat bagaikan singa perkasa  yang tertua lahir sebagai Raja Jayatsena dari Magadha. Yang kedua, perkasa bagaikan Indra, lahir ke dunia sebagai Aparajtta.  Saudara ketiga lahir sebagai raja para Nishadas yang dianugerahi kekuatan hebat. Kemudian saudara  yang lain ( 8 Putra Kaleyas )lahir sebagai Raja Srenimat, putra Kaleya yang kelima lahir ke dunia sebagai raja Mahanjas, Asura perkasa yang keenam lahir sebagai Abhiru, putra ketujuh lahir sebagai Raja Samudrasena, sedangkan bungsu dari delapan putra Kaleya lahir sebagai Vrihat

Danava Kukshi lahir ke bumi sebagai Parvatiya ,Asura Krathana lahir sebagai Suryyaksha. Asura Suryya ( bukan Deva Surya ) lahir sebagai Raja di wilayah Vahlika bernama Raja Darada, sedangkan Asura dari golongan Krodhavasa, lahir ke dunia sebagai raja raja perkasa dan gagah berani diantaranya  Madraka, Karnaveshta,Siddhartha, Kitaka, Suvira,Suvahu, Mahavira, Vahilka, Kratha, Vichitra, Suratha, dan Raja Nila  yang tampan, berikutnya Chiravasa, Bhumipala, Dantavakra, Durjjaya , Raja Rukmi,  Janamejaya, Ashada,Vayuvega, juga Bhuritejas,Ekalavya, Sumitra, Vatadhana, Gomukha, Karushakas, Khemadhurti , Srutayu, Udvaha, Vrihatsena,Kshema, Ugratirtha Raja  Kalinga, Matimat dan Raja Iswara merupakan raja raja utama yang lahir dari Asura golongan Krodhavasa. Asura yang kuat dan perkasa diantara para Danava bernama Kalanemi, yang memiliki kekuatan luar biasa dan dilimpahi kemakmuran lahir sebagai putra Ugrasena (kakek Krishna) bernama Raja Kansa. Sedangkan Asura Devaka yang kuat bagaikan Indra lahir sebagai raja Gandharva (Suvala ? )

Tokoh  tokoh Utama
Drona putra  Bharadwaja yang tidak lahir dari wanita merupakan (terlahir dari )bagian dari Rishi Vrihaspati guru para Deva. Putranya  Pahlawan Aswattaman, yang bermata indah bagai kembang Padma , pemanah termashyur yang dianugerahi kekuatan hebat , pembasmi musuh dan membuat lawannya ketakutam adalah gabungan dari bagian Mahadeva, Yama,Kama dan Krodha.  
Akibat kutukan Vasishtha dan juga perintah dari Indra, delapan Vasu lahir sebagai putra Ganga dengan raja Santanu. Vasu termuda menjadi Bhishma,  pelenyap rasa takut kaum Kurus, yang dianugerahi kecerdasan  menguasai Vedas seorang  yang menguasai berbagai jenis senjata yang mampu menandingi kehebatan Rama putra Jamadagni dari keturunan Bhrigu race. Brahmana Kripa terlahir dari Rudra  sedangkan Sakuni pahlawan kereta yang mampu mengalahkan musuh-musuhnya adalah Dwapara ( yuga yang ketiga  dari catur yuga ).Satyaki yang menjadi kebanggan bangsa  Vrishni , penhancur para musuh adalah bagian dari Marut . Raja Drupada juga berasal dari Marut , Kritavarman banteng perkasa diantara para Kshatriya juga berasal dari golonganMarut demikian pula dengan Raja  Virata .
Putra Arishta (para Gandharva) yang bernama Hansa lahir di keluarga Kuru sebagai Dhritarashtra , lahir dari benih Krishna-Dwaipayana, beliau memliki lengan perkasa yang penuh dengan kekuatan namun buta akibat kelakuan (kesalahan ?) ibunya. Adiknya  yang gagah perkasa dianugerahi kekuatan dikenal dengan nama Pandu yang memegang teguh kebenaran dan kebajikan.  Sedangkan  Vidura, manusia yang paling utama adalah Deva keadilan itu sendiri ( Dharma = Yama ? ). Raja Duryodhana yang lalim dan berpikiran jahat , penyebab kehancuran keluarga  Kurus  adalah bagian dari Kali. Sedangkan para putra  Pulastya  (para Rakshasa) lahir sebagai saudara saudara Duryodhana berjumlah 100 Dussasana adalah yang  tertua kemudian Durmukha, Dussaha, dan yang lain, Dhritarashtra juga memiliki putra dari wanita Vaisya bernama Yuyutsu , putra putra Dhritarashtra adalah sebagai berikut, sesuai urutan kelahirannya :
1.      Duryodhana
2.      Yuyutsu
3.      Duhsasana
4.      Duhsaha
5.      Duhshala
6.      Durmukha
7.      Vivinsati
8.      Vikarna
9.      Jalasandha
10.  Sulochna
11.  Vinda
12.  Anuvinda
13.  Durdharsha
14.  Suvahu
15.  Dushpradharshana
16.  Durmarshana
17.  Durmukha
18.  Dushkarna
19.  Karna
20.  Chitra
21.  Vipachitra
22.  Chitraksha
23.  Charuchitra
24.  Angada
25.  Durmada
26.  Dushpradharsha
27.  Vivitsu
28.  Vikata
29.  Sama
30.  Urananabha
31.  Padmanabha
32.  Nanda
33.  Upanandaka
34.  Sanapati
35.  Sushena
36.  Kundodara
37.  Mahodara
38.  Chitravahu
39.  Chitravarman
40.  Suvarman
41.  Durvirochana
42.  Ayovahu
43.  Mahavahu
44.  Chitrachapa
45.  Sukundala
46.  Bhimavega
47.  Bhimavala
48.  Valaki
49.  Bhimavikrama
50.  Ugrayudha
51.  Bhimaeara
52.  Kanakayu
53.  Dridhayudha
54.  Dridhavarman
55.  Dridhakshatra
56.  Somakirti
57.  Anadara
58.  Jarasandha
59.  Dridhasandha
60.  Satyasandha
61.  Sahasravaeh
62.  Ugrasravas
63.  Ugrasena
64.  Kshemamurti
65.  Aprajita
66.  Panditaka
67.  Visalaksha
68.  Duradhara
69.  Dridhahasta
70.  Suhasta
71.  Vatavega
72.  Suvarchasa
73.  Adityaketu
74.  Vahvasin
75.  Nagadatta
76.  Anuyaina
77.  Nishangi
78.  Kuvachi
79.  Dandi
80.  Dandadhara
81.  Dhanugraha
82.  Ugra
83.  Bhimaratha
84.  Vira
85.  Viravahu
86.  Alolupa
87.  Abhaya
88.  Raudrakarman
89.  Dridharatha
90.  Anadhrishya
91.  Kundaveda
92.  Viravi
93.  Dhirghalochana
94.  Dirghavahu
95.  Mahavahu
96.  Vyudhoru
97.  Kanakangana
98.  Kundaja
99.  Chitraka
100 Daussala

Mereka semua adalah perwira dan pahlawan kereta serta menguasai seni pertarungan dan juga menguasai Veda, ahli dalam strategi, tangguh dalam menyerang maupun bertahan, mereka semua mempunyai istri yang serasi dan sesuai ( dengan keperwiraan ), ketika tiba masa nya ( cukup usia ? ) Dussala di kawinkan dengan Jayadratha Raja Sindhu  atas usulan Sakuni.
Daftar yang diberikan tepat seratus itupun sudah termasuk Yuyutsu yang bukan putra Gandhari dan Dussala yang satu satunya anak perempuan Gandhari, sedangkan seratus Kaurava jelas jelas dimaksud sebagai putra-putra Gandhari, namun nanti pada bagian berikutnya, kembali Vaisampayana menyampaikan daftar nama nama dari putra Dhritarashtra-pen

Yudhishthira adalah bagian dari Dharma, Bhimasena berasal dari Deva Angin, Arjuna dari Indra Raja para Deva, sedangkan Nakula dan Sahadeva insan yang tidak ada yang mampu menandingi ketampanannya di muka bumi adalah bagian dari Asvin. Sedangkan Varcha putra Soma ( Chandra ) terlahir sebagai Abhimanyu
Chandra keberatan untuk berpisah dengan putranya ( Varcha) terlalu lama beliau meminta kepada para Deva, bahwa putranya lahir ke dunia tidak terlalu lama, beliau meminta  agar putranya lahir sebagai titisan Nara pasangan Narayana yang lahir sebagai Putra Indra ( Arjuna), putranya ( Varcha) akan dikenal sebagai prajurit yang  tangguh dan menjadi seorang pahlawan kereta semenjak kanak kanak,  waktunya akan tiba bila titisan Nara dan Narayana tidak berada didekatnya meski semua pahlawan yang merupakan bagian dari para Deva ada disana, Varcha ( Abhimanyu) akan menembus sebuah Vyuha yang mustahil untuk ditembus bernama Cakra-Vyuha serta membuat kehancuran bagi musuh2nya dan mengirim mereka ke kediaman Yama, segera setelah itu putra beliau (Varcha) akan kembali kepadaNya (Soma), Deva penguasa (konstelasi) bintang tersebut meminta agar putranya hidup di bumi selama 16 Tahun, para Deva menyetujui permintaan Deva Chandra.
Dhrishtadyumna berasal dari Agni, sedangkan Shikandin terlahir awalnya sebagai wanita adalah titisan Rakshasa (nama tidak disebutkan),  lima putra Draupadi adalah Visvadeva mereka bernama Pritivindhya, Sutasoma, Srutakirti, Satanika putra Nakula dan Srutasena. Para pangeran Bharata ini dianugerahi memiliki kekuatan yang luar biasa.

Sura peimimpin bangsa Yadu adalah ayah Vasudeva ( ayah Krishna ), beliau memiliki janji untuk menyerahkan anak pertamanya kepada Kuntibhoja sepupunya, dan itu adalah putrinya bernama Pritha, sang gadis pun tinggal bersama ayah angkatnya.
Suatu hari Kuntibhoja dikunjungi oleh Rishi Durvasa, seorang brahmana yang terkenal mudah marah, Pritha ditugaskan untuk melayani segala kebutuhan sang Rishi, Durvasa puas atas pelayanan sang gadis serta memberinya anugerah. Yang mampu mengundang kehadiran Deva yang diinginkan serta memperoleh putra dari Nya.
Karena rasa ingin tahu yang besar Pritha mengundang Deva Suryya penguasa hari, darinya sang Putri memperoleh seorang putra, bayi yang begitu tampan bersinar cemerlang bagaikan matahari dihiasi anting anting indah dan baju pelindung. Oleh Karen dikuasai rasa takut, Pritha menghanyutkan bayinya ke air, sang bayi kemudian dipungut oleh suami Radha, pasangan itu mengangkatnya sebagai anak dan memberi nama Vasusena, sang anak nantinya terkenal akan keinginannya, menjadi seorang yang menguasai ilmu pertarungan dan menguasai berbagai jenis senjata, orang yang pertama yang mampu menguasai segala pengetahuan, seorang Penderma kepada para Brahmana, bila  tiba  waktunya Indra akan dating padanya menyamar sebagai seorang Brahmana terdorong oleh keinginannya untuk keuntungan (melindungi) Arjuna dengan meminta anting anting dan baju pelindung, sang Pahlawan (Vasusena) akan memberinya, Indra juga (sebagai balasannya) menganugerahinya senjata (anak panah) yang mampu membunuh Deva, Asura,Yaksha, manusia, Gandharva, Naga, Rakshasa yang menjadi sasarannya pasti akan terbunuh.
Putra Surya yang semula bernama Vasusena, karena tindakannya yang termashyur melepas baju pelindungnya kemudian dikenal dengan nama Karna, dia akan menjadi teman sekaligus penasehat Duryodhana tumbug di lingkungan Suta.
Vasudeva ( Krishna) adalah berasal dari Narayana, Deva dari para Devayang abadi, sedangkan Valadev manusia terkuat  adalah Naga Sesha, Pradyumna (putra Krishna dengan Rukmini) adalah Sanatkumara (Putra Brahma ) dan berbagai penghuni svarga pun lahir ke bangsa Vasudeva ( Vrishni ?), 16.000 apsara atas perintah Indra turun ke dunia menjadi istri Vasudeva, sedangkan Sri (Lahksmi) lahir sebagai putra Bhismaka (Rukmini) dan Draupadi putra Drupada berasal dari Sachi (permaisuri Indra). Devi Siddhi dan Dhrithi lahir sebagai ibu dari lima pahlawan  yakni Kunti dan Madri sedangkan Devi Mati menjadi putra Suvala ( Gandhari).

Setelah mendengar tentang asal usul turunya para penghuni Svarga, asura, Danava, Gandharva dan Apsara ke bumi, Raja Janamejaya meminta sang Rishi untuk menceritakan sejarah keluarga Kuru dari awal .

Dhusmanta dan Shakuntala …………………………………… to be continued

Tidak ada komentar:

Posting Komentar